Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Murid Sekolah Dasar
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika murid khususnya di kelas V SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar murid dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share murid kelas V SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah murid kelas V yang berjumlah 25 orang murid. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan angket respon murid. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu yaitu: (1) pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas V SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar yaitu 67 sedangkan pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar lebih tinggi yang mencapai 95. Ketuntasan belajar matematika murid kelas V SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 12 (48%) murid mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 25 (100%) murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai, (2) terjadi peningkatan aktivitas belajar murid pada setiap siklus. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah murid yang tuntas mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan hasil belajar matematika melalui model kooperatif tipe think pair share murid kelas V SD Inpres Pampang 1 Kota Makassar mengalami peningkatan.
Downloads
References
Anugerah, Putri. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika kelas V semester 1 SD Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1), 16.
Sukarnoto, T., Janwari, Y., Solehudin, E., & Mulyawan, S. (2023). Women's Empowerment as a Moderator Variable in the Role of Sharia Microfinance Inclusion in Strengthening the Family Economy. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 5(6), 14-26.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cindytivani A. dan Kusmanto B., (2016). “Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Think Pair Share Pada Murid Kelas VIII B Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta”. Union: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 66.
Dian, Ekwati. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Matematika untuk peserta didik kelas V semester 2 SDN I Pacitan. Jurnal Pesona Dasar. 5(2), 46-59. ISSN : 2337-9227.
Heruman. (2016). Metode Pembelajaran Matematika. Bandung: Rosda.
Ika, Puspitasari. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV semester 1 di SD Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma. 7(1), 35-46.
Mappasoro. (2017). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Pres.
Muslimin, dkk. (2019). Pendidikan dan latihan profesi, guru modul SD PSG rayon 24. UNM
Nur, Asma. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Nurhadi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung”. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 4(2). p-ISSN 2366-1925. e-ISSN 2680-8915.
Nurhidaya. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (Kelompok Penyelidik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Kelas V SD Negeri 36 Sepong Kabupaten Luwu. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 10(1), 5.
Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.