Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Karakter untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

  • Rima Andini Khairiah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syarip Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • E. Kosasih Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

This research is based on student’s mathematical problem solving ability isn’t as expected. Using children’s storybook with mathematical concept is expected to be the one of many solutions to that problem, but unfortunately it’s still difficult to find children’s storybook that support mathematics learning in elementary school. The purposes of this research are : 1) to describe the information about children’s storybook with mathematical concept; 2) to describe  the design principles of children’s storybook that will be developed; 3) the final product of children’s storybook. This research is using educational design research method with Reeves model which consist of 3 steps : 1) analysis and exploration; 2) design and construction; 3) evaluation and reflection. The results of this research are : 1) to tell the information about children’s storybook with mathematical; 2)  design principles of the character based math storybook for elementary school; 3) final product of this research  is produced a children’s storybook with “Weather†topic which contained about fraction and character building in the story.


Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belum sesuai dengan harapan. Penggunaan buku cerita yang mengandung konsep matematika diharapkan dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut, namun sayangnya masih sulit ditemukan buku cerita anak yang mendukung pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) mendeskripsikan ketersediaan buku cerita anak yang mengandung konsep matematika; 2) mendeskripsikan prinsip desain dari buku cerita anak yang akan dikembangkan; 3) Produk akhir buku cerita anak. Penelitian ini menggunakan metode EDR (Educational Design Research) dengan model Reeves yang terdiri dari 3 tahap penelitian, yaitu : 1) Analisis dan Eksplorasi; 2) Desain dan Konstruksi; 3) Evaluasi dan Refleksi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) menghasilkan data tentang ketersediaan buku cerita anak yang mengandung konsep matematika; 2) prinsip desain buku cerita anak bermuatan karakter untuk pembelajaran matematika; 3) produk akhir dari penelitian ini menghasilkan buku cerita anak bertema cuaca yang memuat konten pecahan dan pendidikan karakter melalui tokoh-tokoh dalam cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282.
Arlyanti, I., Kosasih, E., & Apriliya, S. (n.d.). Pemilihan Bahan Ajar Cerita Anak berdasarkan Karakteristik Siswa SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 221–231.
Jones, J. C. (2011). Visualizing elementary and middle school mathematics methods. Wiley Global Education.
Karso. (2007). Modul 1 : Pembelajaran Matematika di SD.
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Lidinillah. D.A.M., Apriliya, S. & Natalina, D. (2014). Pengembangan Buku Bacaan Anak Bermuatan Karakter Sebagai Bahan ajar Matematika di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia. [Penelitian Hibah Bersaing tahun 2013].
Mulyati, T. (2011). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora, 3(2). https://ejournal.upi.edu/index/php/eduhumaniora/article.view/280.
Ormel, B. J. B., Roblin, N. N. P., McKenney, S. E., Voogt, J. M., & Pieters, J. M. (2012). Research–practice interactions as reported in recent design studies: still promising, still hazy. Educational Technology Research and Development, 60(6), 967–986.
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational Design Research, 11–50.
Van den Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational design research. Routledge.
Published
2020-08-31
How to Cite
KHAIRIAH, Rima Andini; HIDAYAT, Syarip; KOSASIH, E.. Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Karakter untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 83-92, aug. 2020. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/161>. Date accessed: 29 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.161.