Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon
Abstract
The low interest in reading our society greatly affects the quality of the Indonesian nation, because with the low interest in reading it cannot know and follow the development of science and information in the world. With the library, it can give students an "opiate taste" and bring about new habits, namely reading. This research is a descriptive study using a qualitative approach. The research location which is the main focus in collecting data is SD Negeri 1 in Pamengkang village, located in Mundu District, Cirebon Regency. Primary data is data obtained directly from informants such as school principals, teachers, students, and library staff. Secondary data used such as school archives, and other documents that can support the completeness of primary data. Data collection techniques is a way that researchers do in obtaining data. As for this study researchers used observation, interview and documentation techniques. Analysis of the data used is data reduction, data display, and conclusion drawing / verification. The results of the study show that the Utilization of School Libraries in Increasing Interest in Reading in SDN 1 Pamengkang, Mundu District, Cirebon Regency has carried out several efforts, but it has not yet run as expected, due to several factors, namely the state of the library, both from collections, facilities, and also not having librarians, so the library walk improperly following the existing path.
Keywords: utilization; library; interest in reading
Abstrak
Rendahnya minat baca masyarakat kita sangat mempengaruhi kualitas bangsa Indonesia, sebab dengan rendahnya minat baca maka tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia. Dengan adanya perpustakaan dapat memberikan “rasa candu†pada peserta didik dan memunculkan new habits yakni membaca. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang menjadi fokus utama dalam mengumpulkan data adalah di SD Negeri 1 di desa Pamengkang yang terletak di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari informan seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan tenaga perpustakaan. Data sekunder yang digunakan seperti seperti arsip-arsip sekolah, serta dokumen lainnya yang dapat menunjang kelengkapan dari data primer. Teknik pengumpulan data merupakan cara yang dilakukan peneliti dalam memperoleh data. Adapun dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca di SDN 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sudah menjalankan beberapa upaya akan tetapi belum berjalan sesuai harapan, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu keadaan perpustakan baik dari koleksi, sarana, dan juga belum mempunyai pustakawan sehingga perpustakaan berjalan seadanya mengikuti alur yang ada.
Kata Kunci: pemanfaatan; perpustakaan; minat baca
Downloads
References
module=artikel&id=39)
Daroini, Ahmad Islahud. Tafsir Ayat Pendidikan dalam Q.S Al-‘Alaq Ayat 1-5 Menurut Quraish Shihab. 2019.
(http://repository.radenintan.ac.id/4572/1/SKRIPSI.pdf)
Hamid, Moh. Sholeh. Metode Edutrainment. Jogjakarta: DIVA Press. 2014
Khozin, Ahmad Abdul. Hadits Tarbawi Perspektif Psikoogi. Cirebon: STAI Bunga Bangsa Cirebon. 2011.
Staf Presiden, Kantor. SDM Kunci Kemajuan Bangsa, 2019, (http://presidenri.go.id/berita-aktual/sdm-kunci-
kemajuan-bangsa.html)
Sularso, Priyo. Mari Membangun Bangsa Lewat Gemar Membaca, 2019,
(http://gpmb.perpusnas.go.id/index.php?module=artikel&id=44)
Taufiq, Moh. Addins Quran in Ms Word version 2.2.0.0 201. 2019, (https://penaindigo.com/quran-in-word-
terbaru-3-0-support-semua-versi-office/)