Tinjauan Masalah Mengenai Kekerasan dalam Dunia Pendidikan yang Dapat Merenggut Kesejahteraan Anak
Abstract
Violence against children is increasingly rampant nowadays, especially violence in the world of education that has tarnished the realm of education, violence is committed not only between students but between teachers and students. Lack of moral cultivation given by parents, how to educate parents who use violence are also the main causes of children committing acts of violence to their peers. violence experienced not only physically but also non-physically or mentally. This violence must be prevented immediately with various preventive measures so that children can get their rights and get their welfare, especially in the field of education
Abstrak
Kekerasan terhadap anak semakin marak dewasa ini, apalagi kekerasan dalam dunia pendidikan yang telah mencoreng ranah pendidikan, kekerasan yang dilakukan tidak hanya antar siswa tetapi antara guru dengan siswa. Kurangnya penanaman moral yang diberikan oleh orang tua, cara mendidik orang tua yang menggunakan kekerasan juga menjadi penyebab utama anak melakukan tindakan kekerasan kepada teman sebayanya. kekerasan yang dialami tidak hanya secara fisik tetapi juga non fisik atau mental. Kekerasan ini harus segera dicegah dengan berbagai upaya preventif agar anak dapat memperoleh haknya dan mendapatkan kesejahteraannya khususnya dalam bidang pendidikan.
Downloads
References
Siregar, Lis Yulianti Syafrida. (2013). Kekerasan Dalam Pendidikan. Logaritma
Vol. I, No. 01.
Damanik, Daasma Alfriani. (2019). Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan : Tinjauan Sosiologi
Pendidikan. Violence In The World of Education (A Sociology of Education Review). Jurnal Sosiologi Nusantara 5(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jsn.
Diyah, Nur Cholifa Maulut., & Imron, Ali. (2016). Kekerasan Dalam Pendidikan (Studi
Fenomologi Perilaku Kekekrasan Di Panti Rehabilitasi Sosial Anak. Paradigma 04(01).
Putri, Deby Priscika. KekerasanTerhadap Anak.
Turmudi. (2009). Mengenali KekerasanDalam Pendidikan Dan Upaya Meniadakan Atau
Memperkecil Resiko Tindak Kekerasan.
Aswari, Aan., Bassalamah, Salim., & dkk. Sistem Penanggulangan Tindak Kekerasan Oleh
Wali Siswa Terhadap Pendidik SMK Negeri 2 Makassar. Jurnal Pengabdian.
Nurmawanti. (2013). Pendidikan DanKekerasan (Bullying). Jurnal Pendidikan Islam 2(2).
Medan : Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Sugiyatno. Kekerasan Di Sekolah Bagian Masalah Pendidikan Sosial-Emosional.
Agustin, M. (2008). Menggali dan Memahami Dunia Anak. Bandung : Lotus.
Alwasilah, A. C. (2015). Pokoknya Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. Bandung : Kiblat
Buku Utama.
Komite Perlindungan Anak Indonesia. (2015).