Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Memecahkan Perhitungan Uang dengan Metode Bermain Peran

  • Kurniawan Andhi Saputra SDN Mojotrisno Jombang

Abstract

The low assessment of mathematics, especially in learning to solve the problem of calculating money, is the background of this research. This is because there are still many students who do not understand the value of money equality. The purpose of this study is to improve student learning outcomes in the future related to the calculation of money in third grade students at SDN Mojotrisno. This research is a classroom action research with 2 cycles which includes planning, implementation, observation, and reflection that occurs in each cycle. The analysis and data collection techniques used in this study used analysis of student learning outcomes and student observation sheets. Based on the results of student observation sheets in the first cycle, the results were 68.75%, while in the second cycle it increased by 84.38%. Student learning outcomes in the first cycle of 71.6% (there are 13 students who have not completed) and in the second cycle increased by 85.6 (only 2 students who have not completed). The results of this study indicate that using the role playing method in learning to solve the problem of calculating money can improve student learning outcomes and the learning process becomes more enjoyable.


Abstrak


Rendahnya nilai matematika khususnya pada pembelajaran memecahkan masalah perhitungan uang merupakan  latar belakang dilakukan penelitian ini. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang belum paham dengan nilai kesetaraan uang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimasa yang berkaitan dengan perhitungan uang pada siswa kelas III SDN Mojotrisno. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas dengan 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang terjadi pada setiap siklus. Teknik analisis dan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis hasil belajar siswa dan lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil lembar observasi siswa pada siklus I didapatkan hasil 68,75% sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 84,38%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,6 (ada 13 siswa yang belum tuntas) dan pada siklus II meningkat sebesar 85,6 (hanya 2 siswa yang belum tuntas). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran memecahkan masalah perhitungan uang dapat meninggkatkan hasil belajar siswa dan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara
Arikunto, S, Sukardjono, P Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy
Badan, W., Sumber, P., Manusia, D., Riau, P., Baru, P., & Riau, P. (2002). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 14.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kustiarini, K.-, & Prasetyo, P.-. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas Iv Sd. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1), 65. https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i1.213
Permana, G. P. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Uang Kertas menggunakan Model Role Playing Siswa Kelas II SD Negeri 3 Dermaji Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Educatif : Journal of Education Research, 3(2), 53–67.
Suparno, Paul. (2008). Riset Tindakan untuk Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Uno, H.B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Cetakan Ketiga. Jakarta : Bumi Aksara.
Wahyuningsih, S. L. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas Vi Slb C1 Dharma Mulia Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.947
Zahro, F., & Suparkun. (2013). Metode Role Playing terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Tunarungu Kelas III. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–8.
Published
2023-02-28
How to Cite
SAPUTRA, Kurniawan Andhi. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Memecahkan Perhitungan Uang dengan Metode Bermain Peran. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 158-169, feb. 2023. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/668>. Date accessed: 29 dec. 2024.