Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar
Abstract
The writing of this article is done to provide a scientific contribution aimed at educators on the importance of applying humanistic learning theory in learning to improve student learning outcomes at the elementary school level. Humanistic learning theory in learning is a theory that prioritizes how to humanize humans and students so that the individual can develop his potential in learning. In humanistic learning theory, educators as facilitators are expected to become humanistic educators so that educators can guide students to increase their potential. Educators guide students by not burdening students in learning but instilling behavioral values or positive behavior or negative behavior. Humanistic theory has the aim of fully humanizing humans so that each individual can understand themselves as special humans. The purpose of writing this article is to discuss learning theory that is based on the flow of humanistic psychology and its implications for the learning process at the elementary school level. The writing in this article uses a qualitative method, namely using library research. The data collection technique carried out was using documentation techniques by collecting data sourced from books in libraries and the internet, as well as articles and journals related to the writings in research, and collected and summarized, then connected with research studies. Data analysis was carried out by examining various literature readings from documentation data related to the object of research articles on various data from research results. The results of writing this article prove that the application of humanistic learning theory in learning is able to improve student learning outcomes which can be proven through student circumstances, learning conditions, and the existence of other activities that support learning to apply humanistic learning theory.
Abstrak
Penulisan artikel ini dilakukan untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan yang ditujukan kepada pendidik pentingnya menerapkan teori belajar humanistik dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada jenjang MI/SD. Teori belajar humanistik dalam pembelajaran merupakan teori yang mengutamakan cara memanusiakan manusia dan peserta didik sehngga individu tersebut dapat mengembangkan potensi dirinya dalam pembelajaran. Dalam teori belajar humanistik, pendidik sebagai fasilitator diharapkan menjadi pendidik yang humanistik sehingga pendidik bisa membimbing peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya. Pendidik membimbing siswa dengan tidak memberatkan peserta didik dalam pembelajaran tetapi menanamkan nilai-nilai tingkah laku atau perilaku positif maupun perilaku negatif. Teori humanistik memiliki tujuan untuk memanusiakan manusia seutuh-utuhnya supaya tiap-tiap individu dapat memahami diri mereka sendiri sebagai manusia yang istimewa. Tujuan penulisan artikel ini yakni untuk membahas mengenai teori belajar yang bersumber pada aliran psikologi humanistik serta implikasinya pada proses pembelajaran ditingkat SD/MI. Penulisan dalam artikel ini dengan metode kualitatif yakni menggunakan studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni menggunakan teknik dokumentasi dengan mengumpulkan data – data yang bersumber dari buku – buku yang berada di perpustakaan maupun internet, serta artikel dan jurnal yang berkaitan dengan tulisan – tulisan dalam penelitian, dan dikumpulkan serta diintisarikan, lalu dihubungkan dengan kajian penilitian. Analisis data yang dilaksanakan yakni dengan cara menelaah berbagai literature bacaan dari data dokumentasi yang berhubungan dengan obyek penelitian artikel terhadap berbagai data dari hasil penelitian. Hasil dari penulisan artikel ini membuktikan bahwa penerapan teori belajar humanistic dalam pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dibuktikan melalui keadaan siswa, keadaan pembelajaran, dan adanya kegiatan – kegiatan lain yang menunjang pembelajaran untuk menerapkan teori belajar humanistic.
Downloads
References
Aradea, R., & Harapan, E. (2019). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Humanistik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 90. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2479
Arbayah. (2013). Model pembelajaran humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2), 220. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/26
Baharuddin, M. M. (2007). Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan. Ar - Ruzz Media.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta.
Danim, S., & Khairil. (2010). Psikologi Pendidikan (dalam perspektif baru). Alfabeta.
Diana Devi, A. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. At- Tarbawi, 8(1), 71–84. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v13i1.2805
Djayadin, C., & Fathurrahman, F. (2020). Teori Humanisme sebagai Dasar Etika Religius (Perspektif Ibnu AthĒillah Al-Sakandarī). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 15(1), 28. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.1788
Ismail, F. (2014). Evaluasi Pendidikan. Tunas Gemilang Press.
Mahrus, M., & Itqon, Z. (2020). Implikasi Teori Humanistik Dan Kecerdasan Ganda Dalam Desain Pembelajaran Pai. Journal PIWULANG, 3(1), 75. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506
Mulyati. (2005). Psikologi Belajar. CV Andi Offset.
Nast, T. P. J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 270–275. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.483
Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Jilid 2. Erlangga.
Perni, N. N. (2019). Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 105. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.889
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–194. www.ejournal.unuja.ac.id
Rachmahana, R. S. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. El-Tarbawi, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8
Rachmawati, T. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Gava Media.
Raiz, E. (2012). Kamus Ilmiah Populer. Pustaka Belajar.
Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.
Subagyo, J. (1997). Metode Penelitian dan Praktek. Rhineka Cipta.
Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 220–234.
Suswanto, Kuntoro, S. A., & Suyata. (2015). Pendidikan Humanis Berbasis Kultur Sekolah Dasar Tumbuh 1 Yogyakarta. Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 69–80.
Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481