Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio Emosional dan Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum terhadap kecerdasan sosio-emosional dan prestasi belajar IPA siswa sekolah dasar (SD) di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa Sekolah Dasar berjumlah 80 orang di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan jenis intrumen penelitian berupa kuisioner. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran quantum memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan sosio emosional dan prestasi belajar IPA siswa.
Downloads
References
Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16–22.
Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 69–71.
Farizal, M., & Maemonah, M. (2021). Perkembangan Sosio-Emosional pada Pembelajaran Daring di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Klaten. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 1–17.
Habaridota, M. L. B. B. (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Teknik Tandur Terhadap Intensitas Keterlibatan Emosi Pembelajaran IPS Murid Kelas 6 Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1119–1123.
Hafizhah, I., Wardana, I. A., & Setiabudi, D. I. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 11–21.
Ingtyas, F. T., & AMPERA, D. (2020). MODEL MICRO-TEACHING BERORIENTASI KECERDASAN EMOTIONAL. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.
Kartini, K. (2022). Hubungan Antara Pola Pendidikan Orang Tua Di Rumah Dengan Kecerdasan Sosio-Emosional Pola Pendidikan Anak Orang di SD Negeri 101809 Ajibaho Biru-biru Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 53–59.
Lickona, T. (2022). Mendidik untuk membentuk karakter. Bumi Aksara.
Marneli, D., Maulani, Z., & Anastasha, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sawah Tangah. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 151–164.
Mustoip, S. (2018). Character education implementation for students in grade IV SDN 5 Sindangkasih regency of Purwakarta West Java. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran Volume, 8(2), 112–126.
Siahaan, P. S. O. (2019). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus karyawan divisi keuangan PT Delta Djakarta Tbk). GOODWILL, 1(1 April), 1–14.
Warpala, I. W. S. (2019). Pembelajaran Kontekstual: Sebuah Inovasi Penerapan Pendidikan Multikultural dan Belajar untuk Penemuan. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).