Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN Jumapolo 1 Pasca Pandemi Covid-19

  • Elinda Rizkasari Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Prima Trisna Aji Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Setelah melewati pembelajaran online selama pandemi Covid-19, penanaman pendidikan karakter pada Sekolah dasar dirasa kurang dikarenakan pembelajaran online yang membatasi guru untuk mendidik siswa secara langsung. Setelah kemudian memasuki pembelajaran offline disekolah dasar, pendidikan karakter sudah mulai digalakkan dibeberapa sekolah karena perkembangan zaman serta teknologi yang semakin cepat. Sehingga, perlu penguatan dari dalam diri siswa agar dapat terus berkembang juga tanpa adanya distorsi terhadap kebudayaan asli Indonesia. Selain itu bagi siswa Sekolah dasar Pendidikan karakter sangat penting dalam mengembangkan potensi anak, Karakter, kebiasaan perilaku, menanamkan jiwa kepemimpinan tanggung jawab, kreativitas dan mengembangkan kemampuan peserta didik supaya mandiri, berwawasan berilmu, kreatif dan berbudaya. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar Negeri Jumapolo Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar negeri Jumapolo karanganyar. Instrument penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokmentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar negeri jumapolo karanganyar sangat baik hal ini berdasarkan hasil dari aspek perencanaan didapatkan hasil : a) Merancang kondisi sekolah yang kondusif b) Menciptakan muatan lokal penguatan kepribadian c) Penataan sarana Pembelajaran Sekolah d) Penataan pembelajaran diluar kelas. Indikator pelaksanaan yang dilaksanakan antara lain : a) Kerja sama antar warga didalam sekolah b) Memberikan penghargaan pada siswa c) Menjalin hubungan yang baik antara pengajar dan siswa. Indikator selanjutnya pada tahap evaluasi antara lain : a) Rapat evaluasi bersama orang tua siswa b) Pengawasan yang ketat terhadap adab dan perilaku c) Melakukan kunjungan rumah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ridwan, dan Muhammad Kadri, (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Andayani Dian dan Abdul Majid. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam Remaja. Rosdakarya, Bandung.
Anisah, S, A. (2012). Gangguan Perilaku Pada Anak dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jakarta.
Aqib, Zainal dan Sujak. (2015). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. cet 1. Bandung:Yrama Widya.
Dayanti, Astri (2017). Pengembangan Sikap Toleran Terhadap Perbedaan pendapat Siswa Melalui Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ips (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII-CSMP Negeri 44 Bandung). Bandung.
Djamarah, S. B. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh. AA Suryana. Fenny Fatriany. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Hewarati.(2017). Cara Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Bumi Aksara. Jakarta.
Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.
Lickona, Thomas. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara).
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.) Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasi Secara Terpadu Dilingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: AR-RUZ Media.
Lie, Anita. (2015). Pendidikan Karakter Sulit Diterapkan. Jurnal Pendidikan Dasar. Diunduh 10 Desember 2022.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Published
2023-02-28
How to Cite
RIZKASARI, Elinda; AJI, Prima Trisna. Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN Jumapolo 1 Pasca Pandemi Covid-19. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 91 – 103, feb. 2023. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/854>. Date accessed: 29 dec. 2024.