Gerakan Literasi Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri I Jumapolo Karanganyar

  • Ani Restuningsih Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstract

Perkembangan pendidikan dari tahun ke tahun selalu meningkat pesat. Di Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan konsep baru yaitu kurikulum 13. Salah satu cara yang ditempuh pendidik agar anak-anak dapat menguasai aspek membaca, menulis, dan berhitung dalam melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, maka pendidik selalu menekankan dalam kegiatan literasi baik di sekolah maupun di rumah. Berjalannya literasi dalam proses pendidikan diperlukan dukungan dari seluruh stake holder baik Guru, Siswa, Orang tua siswa serta Tenaga kependidikan. Kurangnya kerja sama antar lini akan membuat proses berjalannya literasi sekolah tidak akan maksimal. Di SD Negeri I Jumapolo merupakan salah satu sekolah daerah yang sudah menanamkan gerakan literasi bagi siswa, tetapi dengan latar belakang siswa yang berada didaerah memerlukan bimbingan yang intensif supaya gerakan literasi sekolah sehingga bisa terlaksana dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan GLS di SD Jumapolo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan desain studi kasus. Instrument penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sudah berjalan secara optimal sehingga memberikan dampak yang positif terhadap minat membaca siswa SD Negeri I Jumapolo, hal ini tercermin dari aktivitas membaca buku bacaan oleh siswa di lingkungan sekolah. Hal pendukung yang membuat GLS berjalan lancar adalah kegiatan membaca 15 menit, peran aktif warga sekolah, pengawasan yang diberikan guru dan lingkungan yang mendukung literasi disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ridwan, dan Muhammad Kadri, (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara
Abidin, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ainiyah, Nur.(2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media Dan Informasi Dalam Dunia Pendidikan. JPII 2, no. 1. Oktober, 2017.
Ali, Ibrahim Gufran, dkk. (2017). Peta Jalan: Gerakan Literasi Nasional. Tim GLN Kemendikbud. Diakses 30 Maret 2023. (http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2017/08/peta-jalan-gln_rev.pdf.)
Azis, Abd. (2018). “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar”. Jurnal Autenti. Vol.2. No. 2. Jakarta
Azimah, Riadul dan Otang Kurniawan. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Kelas Tinggi. Jurnal Pajar (pendidikan dan pengajaran). 3 (4). (hlmn. 934-947).
Batubara, H. Husein dan Ariani D. Noer. (2018). Implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah dasar negeri gugus sungai miasi banjarmasin. JPSD. 4 (1). (hlmn. 15-29)
Bahij, A. Al, Nadiroh, N., Rahmayani, H., & Sihadi, S. (2019). Strategi Literasi Energi Dalam Membentuk Perilaku Hemat Energi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. In Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 5, Issue 1, pp. 7–13). Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1183
Chasanah, Fitrotul (2021). Pentingnya Literasi Untuk Anak Sekolah Dasar. Darul Huda Semarang.
Dikdasmen (2017). Strategi Literasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013). Jakarta. Kemendikbud
Faradina, Nindya. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya. 6 (8). (hlmn. 60-69).
Graff, Harvey J. (2016). Literacy. Microsoft® Encarta® [DVD]. Redmond, WA: Microsoft Corporation.
Faizah, Utama Dewi, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; K. Wiedarti, Pangesti & Laksono, ed.). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ibda, Hamidulloh. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi 4.0. JRTIE. 1 (1). (hlmn. 1-19)
Ichsan, S.A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Islam. JPDS. Volume 10, Nomor 01. Hlm. 70-88.
Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 91–96.
Lerner. (1988). Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya
Moleong,Lexy J.(2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Scarborough, Norman., Wilson, Doug., Zimmerer, Thomas. (2008). Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba empat.
Published
2023-02-28
How to Cite
RESTUNINGSIH, Ani. Gerakan Literasi Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri I Jumapolo Karanganyar. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 104 – 114, feb. 2023. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/855>. Date accessed: 29 dec. 2024.