Konsep Pendidikan Akhlak untuk Komunitas Anak Punk Menurut Pandangan Para Kiyai Cirebon dan Praktisi Pendidikan di Yayasan Wangsakerta Cirebon
(Studi Perspektif Filsafat Pendidikan Paulo Freire)
Abstract
Nature school education is an effort to change the behavior and attitudes carried out by various parties or elements of society which aims to increase knowledge, skills and public awareness about natural values ​​and issues of natural problems which in turn can move the community to take an active role in conservation and safety efforts. Environment for the benefit of present and future generations. Nature education can facilitate the achievement of high-level skills such as critical thinking, creative thinking, integrative thinking and problem solving. The concept that is offered from the nature-based school education system is a very interesting concept to explore more deeply. Wangsakerta Nature School, Karangdawa Hamlet, Setupatok Mundu Village, West Java is one of the many Nature Schools that have been established in various regions in Indonesia, located in shady rice fields and plantations, far from vehicle pollution.
Abstrak
Pendidikan sekolah alam adalah upaya mengubah prilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai alam dan isu permasalahan alam yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. Pendidikan alam dapat mempermudah pencapaian keterampilan tingkat tinggi seperti berfikir kritis, berfikir kreatif, berfikir secara integrative dan memecahkan masalah.Konsep yang ditawarkan dari sistem pendidikan sekolah berbasis alam merupakan konsep yang sangat menarik untuk digali kembali lebih dalam lagi. Sekolah Alam Wangsakerta Dusun Karangdawa Desa Setupatok Mundu Jawa barat merupakan salah satu dari sekian banyak Sekolah Alam yang telah di didirikan diberbagai daerah di Indonesia, yang berlokasi di persawahan dan perkebunan yang rindang, jauh dari polusi kendaraan.
Downloads
References
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2005
Ali Al-Jumbulati dan Abdul Futuh At-Tuwaanisi, Dirasatun Muqaaranatun fit-Tarbiyyatil Islamiyyah,terj. M. Arifin, Jakarta: PT RinekaCipta, 2002
Al-Suyuti, Jalaludin. Jams Shaghir Surabaya: Dar Al Nasyr Al Mishriyah, 1992
Anugrah adi, Adiy. Pengaruh Komunitas Punk Terhadap Prilaku Remaja,a rtikel diakses Pada10 November 2011 dari Http://Siswa.Univ Pancasila.ac.id/Musik/2019/12/01/ pengaruh–komunitas punk-terhadap-prilaku-remaja-indoensia/.
Asmaran As, Pengantar Studi Akhlak Jakarta: CV rajawali, 1992
Asy’arie, Musa. Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: LESFI, 1992
BaharuddindanMoh. Makin, Pendidikan Humanistik; Konsep, Teori, dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzmedia, 2016
Baharuddin, Teori Belajardan Pembelajaran Jogjakarta: Arruz Media, 2010
Bakhtiar, Amsal. Filsafat Agama Jakarta: Logos Wacana, 1997
Balson,Maurice. Bagaimana Menjadi Orang Tua yang Baik Jakarta: Bumia ksara, 1996
Basrowi dan Suko Susilo, Sosiologi Pendidikan, Mengapa Penting?. Bekasi: Pustaka Nusantara, 2010
Calvin S. Hall & Gardner Lindzey, Teori-Teor iHolistik Organismik-Fenomenologis (Supratiknya, Ed).Yogyakarta: Kaniss, 1993
Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesia Bandung: Mizan Pustaka, 2010
Collins, Denis. Paulo Freire Kehidupan, Karya & Pemikirannya, Penerjemah Heyneardhi dan Anastasia P, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2011
Deni Noviansyah. S. Sib, Sex, Sport dan Song, http://www.Pelajarislam. Or.id/Piipub02.html
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: BalaiPustaka, 1999
Gerungan. Psikologi Sosial, Bandung: PT ERESCO Bandung 1996
Gintings, Abdorrakhman, Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran, Bandung: Humaniora, 2008
Gunawan,Imam. Merode Penelitian Kualitatif.Jakarta :BumiAksara. 2015
Hadikusumo, Kunaryo.Pengantar Pendidikan, Semarang: IKIP Semarang Pers, 1996
Hasil wawancara bersama ibu Farida Mahri selaku pendiri sekolah alam wangsakerta, Selasa 27 November 2018, pkl 14.00 WIB, di sekolah alam wangsakerta
Hefni, Harjani. Komunikasi Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2015
Heawati, Pendidik Sebagai Model, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2016
http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=16248.0(Tgl 15 oktober 2011. Pukul 10.15)
http://schoolofuniverse.com/index.php/component/events/view_day/2009/index.php?vie
Ishak Abdulhak danUgi Suprayogi, Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012
Isjoni, Menuju Masyarakat Belajar Pendidikan dalam Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Ismail SM. Strategi Pembelajaran Agama Islam PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group & LSIS, 2008
Jalaluddin dan Abdullah, Idi., Filsafat Pendidikan, Manusia, Fil.
SyamsuddinYahya, Pengajaran Akida Islamiyah dalam Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: PustakaPelajar, 1998
Syari‘ati, Ali. Humanisme Antara Islam dan Madzhab Barat, Bandung: Pustaka Hidayah, 1996
Syatri, Idrus. SejarahAnak Punk: Jangan Ngaku Anak Punk Sebelum Baca Tulisan ini, artikel ini di aksespada 26 Juni 2020. Dari Http://www.waingapu.com/sejarah-punk-jangan-ngaku-anak-punk-sebelum-baca-tulisan-ini.html
Tafsir, Ahmad.Metodologi pengajaran Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1996
Toha, Chabib.Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: PustakaPelajar, 1996
Ujang Saefullah, Kapita Selekta Komunikasi: Pendekatan Budaya dan Agama, Bandung: SimbiosaRekatama Media, 2013
Umary, Barwawie. materiAkhlak, Solo: Ramadhani, 1976
Unurrahman, Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta, 2009
Wahid, Hasanuddin.Arti Lapar Bagi Anak Sekolah, Dalam: Safl Arif, Pemikira nPemikiran Revolusioner, Malang: PustakaPelajar, 2003
Widya.G. Punk,Ideologi Yang Disalah pahami. Yogyakarta: Garasi House Of Book. 2010
Wiliam A. Smith, Concientizacao Tujuan Pendidikan Paulo Freire, Pengantar ST. Sunardi, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2008
William A. Smith, Conscientientizaco Tujuan Pendidikan Paulo Freire, Pengantar ST. Sunardi Yogyakarta: PustakaPelajar, 2008
Yamin, Moh. Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajardari Paulo Freiredan Kihajar Dewantara, http://eprints.Walisongo.ac.id/807/5/08311, 11 Desember 2019
Zahroh, Fatimatu, Problematika Guru IPA dalam Pembelajaran IPA Terpadu (StudiKasus di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2011/2012),Skripsi. Semarang: Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang 2012
Zakiah Darajat, Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995
Zuhairini Abdul Ghofirdkk, Metode Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983