Analisis Teori Perkembangan Kognisi Manusia Menurut Jean Piaget
Abstract
The purpose of this study is to examine further the theory developed by Jean Piaget on the development of human cognition according to the level of thinking at certain stages. The method used in this research is the method of analysis. Sources of data used in this research are books, journals, articles and other scientific works. While the data study technique in this research is literature review (literacy study), and data analysis using content analysis (hemenetic). The result of the research is that the stages of cognitive development according to Jean Piaget are the motor sensory stage (0-2 years), the pre-operational stage (2-7 years), the concrete operational stage (7-12 years), and the formal operational stage (12 years). years and up). In actively understanding the world, children use schema, assimilation, accommodation, organization and equilibration. Children's knowledge is formed gradually in line with the experience of the information they find. According to Piaget, children undergo a definite sequence of stages of cognitive development that point to improvement.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang teori yang dikembangkan oleh Jean Piaget terhadap perkembangan kognisi manusia sesuai tingkat berfikir pada tahapan-tahapan usia tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kajian pustaka (studi literasi), dan nalisis data menggunakan analisis isi (hemenetik). Hasil penelitian ini adalah bahwa tahapan-tahapan perkembangan kognisi menurut Jean Piaget yaitu tahap sensory motorik (0-2 tahun), tahap pra-operasional (2-7 tahun), tahap operasional konkret (7-12 tahun), dan operasional formal (12 tahun ke atas). Dalam memahami dunia secara aktif, anak menggunakan skema, asimilasi, akomodasi, organisasi dan equilibrasi. Pengetahuan anak terbentuk secara berangsur sejalan dengan pengalaman tentang informasi-informasi yang ditemui. Menurut Piaget, anak menjalani urutan yang sudah pasti dari tahap-tahap perkembangan kognitif yang menujukan peningkatan.
Downloads
References
Dahar, R. Wi. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. V. Jakarta: Erlangga.
Hughes , M. (1975). Egocentrism in preschool children. Unpublished doctoral dissertation. Edinburgh University. In McLeod, S. A. (2010). Preoperational Stage - EgocentrismPreoperational Stage - Egocentrism. Retrieved from http://www.simplypsychology.org/preoperational.html diakses pada 24 Desember 2019 pukul 22.08 WIB
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1. (Januari-Juni 2015), hal. 27.
Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi, Cet. X. Bandung: Nusa Media.
Juantara, R.A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 9 No. 1 (Juni 2019).
Ladidius Naisaban. Para Psikologis Terkemuka Dunia: Riwayat Hidup, Pokok Pikiran dan Karyanya, Cet 1, Jakarta: Grasindo, 2006, hal. 324
Lestari, Nurdiana. Perbedaan Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget dan Vygotsky.https://www.kompasiana.com/nurdiana/55005eb4a33311fb6f510d3d/perbedaan-perkembangan-kognitif-menurut-piaget-dan-vygotsky. (Diakses pada 23 Desember 2019 pukul 22.03 WIB)
Loward S. Friedman & Miriam W. Schuctack, Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern, Jakarta: Erlangga, 2006, Cet I, hal. 259
Marimba, A. D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al Maaarif.
Muhibbin, S. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta:Rajawali Pers.
Mu-min, S.A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib. Volume 6 No. 1 (Januari-Juni), hal. 91
Paul Suparno, Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, Cet I, 2006, hal 11-12
Rita L., A. (2010). Pengantar Psikologi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2017). Educational Pshykology. Jakarta: Salemba Humanika.
Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan, Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Surna, I. N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.