Metode dan Media Pendidikan (Telaah Kajian Hadits Tarbawi)

  • Saehu Abas IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Education is a series of activities carried out for the inheritance of the values of science to students. Through education, the values of knowledge and culture can be instilled in students through learning activities. Learning activities can be carried out optimally and structured if educational institutions, educators and students have integration in the success of the direction of learning implementation goals. In the teaching and learning process, two elements that are no less important are teaching methods and learning media. Therefore, it is very important for every educator to understand as well as possible about the learning process of students, so that he can provide guidance and provide an appropriate and balanced learning environment for students. This research uses the library research method. In accordance with the focus discussed, namely "Methods and Media Education (Review of Tarbawi Hadith)", the authors took several relevant literature sources by reviewing and examining written sources by studying, examining and examining library materials that have relevance and urgency to the material discussed. The results showed that the correlation of the hadith of the Prophet Muhammad SAW. Which was narrated by several Imams, interpreted several different educational methods and emphasized the relevance of educational media on the dimensions of the hadith of the Prophet Muhammad. The various methods in question consist of the lecture method, demonstration method, experimental method and so on. While relating to educational media, it can be seen as the history of the hadith that has been written by Imam Bukhari.


Abstrak


Pendidikan merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk pewarisan nilai-nilai ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Melalui pendidikan nilai-nilai pengetahuan dan kebudayan dapat ditanamkan kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara maksimal dan terstruktur apabila lembaga pendidikan, pendidik dan peserta didik memiliki keterpaduan dalam mensukseskan arah tujuan pelaksanaan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, dua unsur yang tidak kalah penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Oleh karena itu, penting sekali bagi setiap pendidik memahami sebaik-baiknya tentang proses belajar peserta didik, agar dia dapat memberikan bimbingan dan menyediakan lingkungan belajar yang tepat dan seimbang bagi para peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Pustaka. Sesuai dengan fokus yang dibahas, yakni “Metode dan Media Pendidikan (Telaah Kajian Hadits Tarbawi)†maka penulis mengambil beberapa sumber kepustakaan yang relevan dengan cara mengkaji dan menelaah sumber-sumber tertulis dengan jalan mempelajari, menelaah dan memeriksa bahan-bahan kepustakaan yang mempunyai relevansi dan urgensi dengan materi pembahasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi hadits Rasulullah Saw yang diriwiyatkan oleh beberapa Imam, menginterpretasikan beberapa ragam metode pendidikan dan menegaskan relevansi media pendidikan pada dimensi hadits Rosulullah Saw. Ragam metode yang dimaksud terdiri dari metode ceramah, metode demonstrasi, metode eksperimen dan lain sebagainya. Sedangkan berkaitan dengan media pendidikan yakni dapat disaksikan sebagaimana riwayat hadits yang telah dituliskan oleh Imam Bukhori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Diansyah. (2016). Pendidikan Islam dalam Neraca Al Qur’an. Editie Pustaka.
Al Imam Bukhori & Abu Hasan As Sindy. (2008). Shahihul Bukhari bi Haasyiati al-Imam as Sindy. Dar al-Kotob al-Ilmiyah.
Darajat, Z. (1995). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.
Ibnu Hajar Al Asqalani & Imam Al Hafizh. (1997). Fathul Baari Syarah Shahih Al Bukhari. Maktabah Darussalam.
Imam Bukhori. (n.d.). Hadits Shoheh Muslim: Syarah Nawawi Ala’ Muslim (Apk Maktabah Syamilah).
Lexy J Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Raja Grafindo Persada.
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Piet A Sahertian. (1981). Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Usaha Nasional.
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Sutrisno Hadi. (1990). Metodologi Research. Andi Offest.
Syaiful, Yusuf, T. & A. (1997). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Raja Grafindo Persada.
Tafsir, A. (2008). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2009). MENDESAIN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF-PROGRESIF; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada.
Zainal Efendi, Nizar, S. & H. (2011). Hadis Tarbawi; Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah. Kalam Mulia.
Zakaria, I. N. & Y. (1401). Syarah an-Nawāwi ‘ala Shahih Muslim. Dar Al Fikri.
Published
2021-08-24
How to Cite
ABAS, Saehu. Metode dan Media Pendidikan (Telaah Kajian Hadits Tarbawi). Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 170-187, aug. 2021. ISSN 2746-6760. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/permata/article/view/288>. Date accessed: 06 jan. 2025.