Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Akidah Akhlak Pendidikan Agama Islam

  • Siti Maryani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ceceng Syarief Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

In the context of the analysis of the learning process of aqidah akhlaq Islamic religious education in class X students, the interaction process of students experienced a decrease who were less motivated in learning aqidah. This study reveals that if you want to increase students' interest in learning in class X, and the spirit of students' learning activities, the teacher's ability to provide learning motivation and also student learning responses through class lessons. This research also aims to be able to regenerate interest in student learning, to find out how students' learning activities are, the teacher's ability to provide development and direction about interest in learning, and also to know the learning responses of students through classroom learning. The strategy that can be applied as a teacher is through classroom learning so that the effectiveness of students in being interested in learning Aqidah Akhlah & PAI is better than before. However, teachers as teachers are also required to have creativity and interesting innovations if they want to create a conducive and effective learning atmosphere.


Abstrak


Dalam konteks analisis proses pembelajaran aqidah akhlaq pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas X proses interaksi peserta didik mengalami penurunan yang kurang termotivasi dalam belajar aqidah. Penelitian ini mengungkapkan bahwa jika ingin meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas X ini, dan jiwa aktivitas belajar peserta didik, kemampuan guru pun dalam memberikan motivasi belajar dan juga respon belajar peserta didik melalui pelajaran di kelas. Penelitian ini pula bertujuan untuk dapat menumbuhkan kembali minat pada pembelajaran peserta didik, untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar peserta didik, kemampuan guru dalam memberikan pengembangan dan arahan tentang minat belajar, dan juga mengetahui responsi belajar peserta didik melalui pembelajaran di kelas. Strategi yang dapat diterapkan sebagai guru ialah melalui pembelajaran di kelas sehingga efektivitas peserta didik dalam berminat untuk belajar Aqidah Akhlah & PAI menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Namun juga demikian, guru sebagai pengajar juga dituntut untuk memiliki kreativitas serta inovasi yang menarik jika ingin menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nur Nafisatul Fithriyah, Nur Latifah, Khusnul Mu’alifah. 2020. “PENINGKATAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK ANAK KELAS V MI/SD MELALUI METODE QUICK ON THE DRAW.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 2: 1–10.
Trismayanti, Suci. 2019. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 17(2): 141–57.
Mumtazah, RA. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X Smk Wikrama the Influence of Islamic Religious Education Learning Against Information Technology Based Learning Interests of Students Sm.” Ta’dibi 4(2): 65–68.
Sari, Rafiqa. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama IslamPengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” IQRO: Journal of Islamic Education 2(2): 117–36.
Amri, Ikhwanul et al. 2020. “Stimulasi Minat Belajar Agama Islam Menggunakan Strategi Cerita Pada Siswa SMP IT Al-Asror Sekampung Lampung Timur Pendahuluan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Pada Siswa Menghadapai Berbagai Problema Yang Bermuara Pada Tidak Tercapainya Tujuan.” 04(1): 119–34.
Azis, Nurani, and Amiruddin. 2020. “Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 05(01): 56–74.
Published
2021-08-24
How to Cite
MARYANI, Siti; SITIKA, Achmad Junaedi; SYARIEF, Ceceng. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Akidah Akhlak Pendidikan Agama Islam. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 141-149, aug. 2021. ISSN 2746-6760. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/permata/article/view/423>. Date accessed: 06 jan. 2025.