Tanggapan Siswa terhadap Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan hubungannya dengan Prestasi Kognitif Mereka pada Bidang Studi PAI
Penelitian di Kelas VII SMPN X Losari Brebes
Abstract
This study aims to: (1) find out the reality of students' responses to the cooperative learning model of jigsaw type; (2) knowing the reality of students' cognitive achievement in the field of PAI study; (3) to find out the reality of the relationship between students' responses to the Jigsaw type cooperative learning model and their cognitive achievement in the field of PAI study. The method used in this research is descriptive method. The sample in this study was taken 10% of the population of 464 people to 46 students. Sampling of 46 students was determined purposively by the researcher and focused on class VII C of SMPN "X" Losari Brebes. Data collection techniques used were questionnaire, test, observation, interview, and literature study. The results showed that students' responses to the cooperative learning model of jigsaw type were 3.65 (good). While the cognitive achievement of students in the PAI study area is 65.14 (sufficient). The relationship between the two variables is significantly shown by the correlation coefficient of 0.30 (low). The t count = 2.09 is greater than t table = 2.0168 then the null hypothesis (Ho) is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This can be interpreted that there is a significant relationship between students' responses to the Jigsaw type cooperative learning model and their cognitive achievements in the field of PAI study.
Keywords: Cooperative Learning; Jigsaw; Cognitive Achievement
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw; (2) mengetahui realitas prestasi kognitif siswa pada bidang studi PAI; (3) untuk mengetahui realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dengan prestasi kognitif mereka pada bidang studi PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil 10% dari populasi sebanyak 464 orang menjadi 46 orang siswa. Pengambilan sampel 46 siswa ini ditentukan secara purposive oleh peneliti dan difokuskan pada kelas VII C SMPN “X†Losari Brebes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw sebesar 3,65 ( baik). Sedangkan prestasi kognitif siswa pada bidang studi PAI sebesar 65,14 (cukup). Adapun hubungan kedua kedua variabel tersebut secara signifikan ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,30 (rendah). Adapun t hitung = 2,09 lebih besar dari t tabel = 2,0168 maka hipotesis nol (Ho) di tolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang diterima. Ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dengan prestasi kognitif mereka pada bidang studi PAI
Kata kunci: Cooperative Learning; Jigsaw; Prestasi Kognitif
Downloads
References
Abdul Majid dan Dian Andayani, (2006) Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Agus Sujanto, (2001) Psikologi Umum, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ahmad Zayadi dan Abdul Majid, (2005) Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Anita Lie, (2007) Cooperative Learning “Mempraktikan Cooperative learning Di Ruang-ruang Kelasâ€, Jakarta: PT. Gramedia.
Anas Sudijono, (2005) Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Anderson dan Krathwohl, (2001) A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing, New York: Longman.
Isjoni, (2007) Cooperative Learning, Bandung: ALFABETA.
M. Arifin, (2003) Ilmu Pendidikan Islam “Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisiplinerâ€, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muhibbin Syah, (2004) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahmud dan Tedi Priatna, (2005) Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: SAHIFA.
Nana Sudjana, (2005)Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Robert E. Slavin, (2009) Cooperative Learning “Teori, Riset dan Praktikâ€, Bandung: Nusa Media.
Redaksi Sinar Grafika, (2004) UU SISDIKNAS 2003 (UU RI NO No.20 Tahun 2003), Jakarta: Sinar Grafika.
Subana, dkk., (2000) Statistik Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia. Sudjana, (2005) Metoda Statistika, Bandung: PT. Tarsito.
Suharsimi Arikunto, (2006) Prosedur Penelitian “Suatu Pendekatan Praktikâ€, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata, (2008) Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto, (2003) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Trianto, (2006) Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrktivistik (Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya), Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uzer Usman, (2008) Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Wasty Soemanto, (2006) Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin
Pendidikan), Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wina Sanjaya, (2006) Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan), Jakarta: Kencana.
W.S Winkel, (2007) Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: MEDIA ABADI.
Yaya Suryana & Tedi Priatna, (2008) Metode Penelitian Pendidikan,
Bandung: SAHIFA.
Novi Emildadiany, http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/31/cooperative- learning-teknik-jigsaw/ Diunduh Pada 14-03-2009.
Usep Supriatna, http://hubpages.com/hub/ABU-FARGHANI diunduh pada 14-03 2009.
Wahyu Widyaningsih, dkk.,http://tpcommunity05.blogspot.com/2008/03/kel-3- cooperative-learning-sebagai_05.html diunduh pada 14-03-2009.
Aprianto, http://apri76.wordpress.com/2008/11/03/sk-dan-kd-pai-smp/ diunduh pada 17-03-2009.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.