Strategi Pendidikan Membentuk Karakter Santri Mandiri dan Percaya Diri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 3

  • Sita Isna Malyuna Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

The challenges of the Indonesian people today are increasingly severe when faced with the millennial era, where the era requires us to always think ahead so as not to be left behind by The Times. One of the effects of the changing times has been the lack of interaction between people, high individual attitudes, easy to complain and despair and always think everything can be done in an instant. This encourages how character education in the current era is very important, building a strong identity.
Several factors encourage this, among others, the importance of education, placing teachers as good role models, the educational process, the material provided, a good environment to the culture of the students in the process of character formation in Modern Islamic boarding school Darussalam Gontor Putri 3.
The object used in this research is to use natural Research where the object is done there is no engineered or manipulation by researchers, so that when researchers perform activities relatively unchanged object. It is hoped that it can provide a wealth of knowledge for others and can provide a new thought, way or method in forming a confident and independent character of female students at Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 3.
This study obtained the results, that the formation of character using exemplary methods, refraction, discipline, feel and do, which is contained in the intraculicular and extraculicular activities. The result of the implementation of the strategy of character formation in students is that students have good skills and survive, it is not easy to depend on others to have a great spirit of life. The implication of the character strategy is the increasing public trust in pesantren regarding the quality of Education, pesantren management, running systems and pesantren that are getting better and better known.
Keyword: Education Strategy; Character Formation; Independent and Confident.


Abstrak


Tantangan bangsa Indonesia saat ini semakin berat ketika dihadapkan pada era milenial, dimana era tersebut menuntut kita untuk selalu berpikir maju kedepan agar tidak tertinggal oleh zaman. Salah satu dampak dari perubahan zaman tersebut sudah berkurangnya seseorang melakukan interaksi antar sesama, sikap individual yang tinggi, mudah mengeluh dan putus asa dan selalu berpikir segala seuatunya bisa dilakukan dengan cara instan. Hal tersebut mendorong bagaimana pendidikan karakter di era sekarang sangat penting, membangun jati diri yang kuat.
Beberapa faktor mendorong hal tersebut anatara lain, pentingnya pendidikan, menempatkan guru sebagai suri tauladan yang baik, proses pendidikan, materi yang diberikan, lingkungan yang baik sampai dengan budaya para siswa dalam melakukan proses pembentukan karakter di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 3.
Objek yang digunakan pada penilitian ini adalah menggunakan penelitian secara alamiah dimana objek yang dilakukan tidak ada yang direkayasa atau manipulasi oleh peneliti, sehingga pada saat peneliti melakukan kegiatan objek relatif tidak berubah. Harapannya dapat memberikan khasanah keilmuan bagia orang lain dan dapat memberikan suatu pemikiran, cara atau metode yang baru dalam membentuk karakter yang percaya diri dan mandiri santri putri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 3.
Penelitian ini mendapatkan hasil, bahwa pembentukan karakter menggunakan metode keteladanan, pembiasan, kedisiplinan, merasakan dan melakukan, yang mana tertuang pada kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Hasil implementasi strategi pembentukan karakter pada santri yaitu santri memiliki keterampilan dan survive yang baik, tidak mudah menggantungkan kepada orang lain sampai dengan memiliki semangat hidup yang besar. Implikasi dari strategi karakter yaitu bertambahnya kepercayaan masyarakat kepada pesantren mengenai kualitas pendidikan, manajemen pesantren, sistem yang berjalan dan pesantren yang semakin baik dan banyak dikenal.
Kata Kunci: Strategi Pendidikan; Pembentukan Karakter; Mandiri dan Percaya Diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Marleni, E., Mustoip, S., & Sulkhah, S. (2024). Implementation of the Literacy Movement in Shaping Student Character in Elementary School. EduBase: Journal of Basic Education, 5(2), 120-130.
Munajim, A., Pratama, F. A., Ridwan, M., & Rohimah, I. (2022). The Operations of the Bank Wakaf Micro Indonesia with the Scheme for the Economic Empowerment of the People. ICOBBA_2021, 1-6.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Putri, Y. D. S., Mustoip, S., Nisa, D. H., & Ramadhani, N. U. (2024). Implementation of Audiolingual Methods in Understanding Arabic Color Concepts in Class I SDIT Alif Mardiyah. JPS: Journal of Primary School, 1(2), 1-6.
Ridwan, M., Motik, D. P., & Nurwahid, H. I. (2022). Afzalur Rahman's Thinking Concept: Relevance with Worker Ethics According to Global Standards. ICOBBA_2021, 322-329.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Muzayyanah, M., Tatmimah, I., Sari, F., & Indriyani, R. (2022). Contribution of Islamic Capital Market to National Capital Market. INCOME: Innovation of Economics and Management, 2(1), 1-7.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.
Selasi, D., Vidiati, C., & Sumarno, S. (2022). Pasar Menabung Saham Pada Pasar Modal Indonesia. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 68-77.
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Vidiati, C., Al-Ghozali, M. I., Faturrizky, I., Selasi, D., Munajim, A., & Tardjono, T. (2022). Effects of the Money Market and the Need for Knowledge of Interest Rates and the Foreign Exchange Market for Benefit: Evidence In Indonesia. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 37-60.
Vidiati, C., Hendra, E., Selasi, D., & Sumarno, S. (2022). Menilik Tas’ ir Keadilan dan Maslahah. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 78-92.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2023-02-28
How to Cite
MALYUNA, Sita Isna. Strategi Pendidikan Membentuk Karakter Santri Mandiri dan Percaya Diri di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 3. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 45-59, feb. 2023. ISSN 2746-6760. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/permata/article/view/616>. Date accessed: 04 jan. 2025.