Pengaruh Media Linimasa Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SDN 1 Cipinang Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon
Abstract
This study is taken from the problem of the Covid-19 pandemic where all learning activities are diverted to online learning so that in the process there are several obstacles, especially to determine the influence of Whatsapp-based timeline media on PAI learning outcomes.
This study aims to determine how well the use of Whatsapp-based timeline media on the learning outcomes of PAI 6th grade students in SDN 1 Cipinang, knowing the learning outcomes of PAI 6th grade students in the application of Whatsapp-based timeline media in SDN 1 Cipinang, and to determine the influence of Whatsapp-based timeline media on the learning outcomes of PAI 6th grade students in SDN 1 Cipinang.
This study uses quantitative research method approach with ex-post facto research type, associative causality research design. Data collection using questionnaires given to a sample of 25 students using the validity and reliability of instruments, descriptive, classical assumption Test, simple regression analysis, and hypothesis.
The results showed that the media learning timeline based on Whatsapp in SDN 1 Cipinang obtained a percentage value of 78.92% which means it belongs to the category of good. The learning outcomes of 6th grade students at SDN 1 Cipinang, obtained a percentage value of 79.04% which means it belongs to the category of good. The results of the hypothesis test concluded that there is a significant influence of Whatsapp-based timeline media on student learning outcomes indicated by the value of the coefficient thitung 3.121 > ttable, 1.713, then Ho is rejected and Ha is accepted which means there is a significant influence between Whatsapp-based timeline media on student learning outcomes. In conclusion, the use of Whatsapp timeline media has succeeded in improving the learning outcomes of PAI 6th grade students at SDN 1 Cipinang in online learning in the Covid-19 era.
Keyword: Timeline Media; Whatsapp Media; Learning Outcomes.
Abstrak
Penelitian ini diambil dari adanya masalah pandemi Covid-19 dimana seluruh aktivitas belajar dialihkan pada pembelajaran daring sehingga dalam prosesnya mengalami beberapa hambatan terutama untuk mengetahui pengaruh media linimasa berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar PAI.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui seberapa baik penggunaan media linimasa berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VI di SDN 1 Cipinang, mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VI dalam penerapan media linimasa berbasis Whatsapp di SDN 1 Cipinang, dan untuk mengetahui pengaruh media linimasa berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VI di SDN 1 Cipinang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, desain penelitian asosiatif kausalitas. Pengumpulan datanya menggunakan angket yang diberikan kepada sampel sebanyak 25 siswa dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media belajar linimasa berbasis Whatsapp di SDN 1 Cipinang didapat nilai persentase sebesar 78,92% yang berarti termasuk kategori Baik. Hasil belajar siswa kelas VI di SDN 1 Cipinang, didapat nilai persentase sebesar 79,04% yang berarti termasuk kategori Baik. Hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang Signifikan dari media linimasa berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai koefisien thitung 3,121 > ttabel, 1,713, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang Signifikan antara media linimasa berbasis Whatsapp terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulannya penggunaan media linimasa Whatsapp berhasil meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV di SDN 1 Cipinang pada pembelajaran daring di era Covid-19.
Kata Kunci: Media Linimasa; Media Whatsapp; Hasil Belajar.
Downloads
References
Atqia, W., & Latif, B. (2021). Efektifitas Media Whatsapp Group dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Kabupaten Batang pada Masa Pandemi Covid-19. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 39-56.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Daryono, I., & Fauzi, M. R. (2019). Petunjuk, Perencanaan, dan Pelaporan Penilaian-Kurikulum 2013 Untuk Guru SD. Lekkas (Lembaga Kajian Komunikasi dan Sosial).
Edy, S. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Haura Publishing.
Fathurrahman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108-113.
Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom dan Zoom Meeting) di SMP MBS Al Amin Bojonegoro. Cendekia, 12(2), 161-178.
Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 131-141.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Harianto, A. (2019). 3 Optimalisasi Pembelajaran Penjasorkes di Tengah Pandemi Covid-19 pada SDN 2 Pondok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhamadiyah Malang).
Hariyanto, E., & Mustafa, P. S. (2020). Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani (Vol. 3). Lambung Mangkurat University Press.
Haviz, M. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar (Doctoral dissertation, IAIN Batu Sangkar).
Nabilla, R. (2020). Whatsapp Grup sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193-202.
Nugraha, M. S., Supriadi, U., & Anwar, S. (2014). Pembelajran PAI Berbasis Media Digital (Studi Deskriptip Terhadap Pembelajaran PAI di SMA Alfa Centauri Bandung). J. Pendidik. Agama Islam-Ta’lim, 12(1), 55-67.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.
Pangestika, N. L. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp untuk media pembelajaran dalam lingkungan uin ar-raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122-133.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.
Rahartri, L. I. P. I. (2019). " Whatsapp" Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(2), 147-156.
Rangkuti, A. N. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Citapustaka Media.
Rangkuti, A. N. (2014). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Citapustaka Media.
Rohmah, N. (2012). Psikologi Pendidikan. Teras.
Rusni, A., & Lubis, E. E. (2017). Penggunaan Media Online Whatsapp dalam Aktivitas Komunitas One Day One Juz (ODOJ) dalam Meningkatkan Minat Tilawah Odojer di Kota Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(1), 1-15.
Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020, October). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Slameto. (2010). Belajar dan Factor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Buku Kedokteran EGC.
Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1-22.
Suryani, R. (2017). Fungsi Whatsapp Grup Shalihah Cabang Bandar Lampung sebagai Pengembangan Media Dakwah dalam Membentuk Akhlakul Karimah (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Marleni, E., Mustoip, S., & Sulkhah, S. (2024). Implementation of the Literacy Movement in Shaping Student Character in Elementary School. EduBase: Journal of Basic Education, 5(2), 120-130.
Munajim, A., Pratama, F. A., Ridwan, M., & Rohimah, I. (2022). The Operations of the Bank Wakaf Micro Indonesia with the Scheme for the Economic Empowerment of the People. ICOBBA_2021, 1-6.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Putri, Y. D. S., Mustoip, S., Nisa, D. H., & Ramadhani, N. U. (2024). Implementation of Audiolingual Methods in Understanding Arabic Color Concepts in Class I SDIT Alif Mardiyah. JPS: Journal of Primary School, 1(2), 1-6.
Ridwan, M., Motik, D. P., & Nurwahid, H. I. (2022). Afzalur Rahman's Thinking Concept: Relevance with Worker Ethics According to Global Standards. ICOBBA_2021, 322-329.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Muzayyanah, M., Tatmimah, I., Sari, F., & Indriyani, R. (2022). Contribution of Islamic Capital Market to National Capital Market. INCOME: Innovation of Economics and Management, 2(1), 1-7.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.
Selasi, D., Vidiati, C., & Sumarno, S. (2022). Pasar Menabung Saham Pada Pasar Modal Indonesia. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 68-77.
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Vidiati, C., Al-Ghozali, M. I., Faturrizky, I., Selasi, D., Munajim, A., & Tardjono, T. (2022). Effects of the Money Market and the Need for Knowledge of Interest Rates and the Foreign Exchange Market for Benefit: Evidence In Indonesia. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 37-60.
Vidiati, C., Hendra, E., Selasi, D., & Sumarno, S. (2022). Menilik Tas’ ir Keadilan dan Maslahah. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 78-92.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).