Relevansi Karakteristik Siswa MA Terhadap Historical Thinking Skill pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

  • Novida Listiyani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nadiyya Prihantini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

History learning is a study that explains events or events that occurred in the past that were born from previous human cultures that involve all aspects of life such as law, politics, religion, social, science, and others.
In general, history learning becomes boring for students at all levels, including MA students who have strong characteristics in it. So it is appropriate for MA students to strengthen the historical thinking skills they have developed.
So that this study aims to increase the intake of insight regarding the relationship between the characteristics possessed by MA students and the historical thinking skills they have in learning Islamic Cultural History.
This research was conducted with a descriptive qualitative approach, using the literature study method or what is also known as the method of collecting library data from various written sources.
Basically the characteristics of MA students combined with historical thinking skills in history learning will be the right collaboration for an important step in an effort to foster a spirit of learning and understanding of history and what is in it. And of course in the learning process do not forget the developmental aspects that exist in students, namely cognitive, physical, and psychosocial aspects.
Keyword: Character Education; Historical Thinking Skills; SKI Learning.


Abstrak


Pembelajaran sejarah merupakan sebuah studi yang menjelaskan peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau yang lahir dari kebudayaan manusia terdahulu yang menyangkut segala aspek kehidupan seperti hukum, politik, keagamaan, sosial, keilmuan, dan lain-lain.
Pada umumnya, pembelajaran sejarah menjadi hal yang membosankan bagi peserta didik diseluruh jenjang pendidikan termasuk peserta didik MA yang memiliki karakteristik yang kuat di dalamnya. Maka dirasa tepat untuk peserta didik MA dalam melakukan penguatan historical thinking skill yang dikembangkannya.
Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk menambah asupan wawasan mengenai hubungan antara karakteristik yang dimiliki peserta didik MA dengan kemampuan berpikir sejarah yang dia miliki pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan metode studi literatur atau yang biasa disebut juga metode pengumpulan data pustaka dari berbagai sumber tertulis.
Pada dasarnya karakteristik peserta didik MA yang dipadukan dengan historical thinking skill pada pembelajaran sejarah akan menjadi kolaborasi yang tepat untuk langkah penting dalam upaya menumbuhkan semangat belajar dan paham akan sejarah serta yang ada di dalamnya. Dan pastinya dalam proses pembelajarannya tidak melupakan aspek perkembangan yang ada pada peserta didik yakni aspek kognitif, fisik, dan psikososial.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter; Historical Thinking Skill; Pembelajaran SKI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, S., Lestari, E. W., Muti’aturrobbani, F., Yusuf, M., Khilmi, M., Maulani, R., & Hardiastuti, S. (2022). Improving Understanding of Islamic Cultural History Learning Through the Development of Video Blogging-Based Learning Media (Vlog). Action Research Journal Indonesia (ARJI), 4(1), 28-41.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dakir, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah (Doctoral Dissertation, IAIN Palangkaraya).
Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 21-33.
Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Fakultas Ilmu Pendidikan-UTM.
Hastuti, H., Basri, I., & Zafri, Z. (2021). Meramu Materi Pembelajaran Sejarah Berlandaskan Analisis Historical Thinking. Diakronika, 21(1), 57-70.
Hudaidah, H. (2014). Historical Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 101-120.
Kaimuddin, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 3(3), 47-64.
Maulana, W. (2021). Tinjauan Mengenai Historical Thinking Skills dan Karakteristik Peserta Didik pada Jenjang Menengah Atas. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 69-78.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nurjanah, W. (2020). Historical Thinking Skills and Critical Thinking Skills. Historika, 23(1), 92-104.
Ofianto, O. (2017). Model Learning Continuum Keterampilan Berpikir Historis (Historical Thingking) Pembelajaran Sejarah SMA. Diakronika, 17(2), 168-204.
Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 3(1), 30-36.
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-6.
Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). Interseksi Berpikir Kritis dengan High Order Thinking Skill (HOTS) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 5(2), 62-71.
Zed, M. (2018). Tentang Konsep Berfikir Sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(1), 54–60.
Zuhriah, N. (2011). Pendidikan Moran dan Budi Pekerti dalam Prespektif Perubahan Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Bumi Aksara.
Zulaikha, S. R. (2008). Analisis The Big Six Model dalam Rangka Implementasi Information Literacy di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan: FIHRIS, 3(2), 60-73.
Published
2022-08-29
How to Cite
LISTIYANI, Novida; PRIHANTINI, Nadiyya. Relevansi Karakteristik Siswa MA Terhadap Historical Thinking Skill pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 117-129, aug. 2022. ISSN 2746-6760. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/permata/article/view/790>. Date accessed: 06 jan. 2025.