Maksud dan Tujuan Penciptaan Makhluk (Kholiqul Basyar) sebagai Landasan Religius Tujuan Pendidikan Islam

  • Jenal Abidin STITNU Al-Farabi Pangandaran
  • Indra Taupik Saleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

This study aims to determine the purpose and purpose of the creation of beings (kholiqul basyar) as a religious foundation of Islamic education purposes.
The research method in this paper uses a qualitative method that is by way of library studies, searching and collecting from various relevant sources.
The results of this study show that man was created by Allah Swt to the Earth, none other than as a caliph (preserver) and as a servant. Man is given the task by Allah Swt as a Caliph that is to prosper the Earth and its contents, while Man as a servant is that man is given the task to serve Allah Swt by bringing the vision and mission of Allah Swt to get his pleasure and can be applied through the educational process, as should be applied in Islamic education.
Keyword: Kholiqul Basyar; Religious Foundation; Islamic Education.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maksud dan tujuan penciptaan makhluk (kholiqul basyar) sebagai landasan religius tujuan pendidikan Islam.
Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode kualitatif yakni dengan cara studi kepustakaan, mencari dan mengumpulkan dari berbagai sumber yang relevan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan manusia diciptakan oleh Allah Swt ke bumi, tidak lain adalah sebagai khalifah (pemelihara) dan sebagai hamba. Manusia diberi tugas oleh Allah Swt sebagai khalifah yaitu untuk memakmurkan bumi dan seisinya, sedangkan manusia sebagai hamba adalah bahwa manusia diberikan tugas untuk mengabdi kepada Allah Swt dengan membawa visi dan misi dari Allah Swt untuk mendapatkan keridaan-Nya dan dapat diterapkan melalui proses pendidikan, seperti yang harus diterapkan dalam pendidikan Islam.
Kata Kunci: Kholiqul Basyar; Landasan Religius; Pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, S., & Mabrur, H. (2022). Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Agama Islam. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(1), 77-99.
Bafadhol, I. (2017). Tujuan Hidup dalam Perspektif Al-Qur’an. Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(03), 25–40.
Gaffar, A. (2016). Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an. Tafsere, 4(2), 228-260.
Kadri, M. (2017). Hakikat Penciptaan Manusia. Tira Smart.
Khasinah, S. (2013). Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam dan Barat. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 296–317.
Madkur, A. A. (1990). Minhaj Al-Tarbiyah Fi Al-Tasawwur Al-Islami. Dar Al- Furqan.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muslim, R. (2022). Surah Al Hasyr ayat 24 [QS. 59:24]. Risalah Muslim. https://risalahmuslim.id/quran/al-hasyr/59-24/
Muslimin, M. (2016). Manusia dan Karakteristiknya Menurut Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tarbawai). Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(2), 227–247.
Rahman, A. (2011). Memahami Esensi Asmaul Husna dalam Al-Qur’an. Jurnal Adabiyah, 11(2), 150–165.
Saihu, S. (2019). Konsep Manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197-217.
Sami’udin. (2019). Fungsi dan Tujuan Kehidupan Manusia. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 17–31.
Satriadi, I. (2009). Tujuan Penciptaan Manusia dan Nilai Edukasinya (Kajian Tafsir Tematis). Ta'dib, 12(1), 33–42.
Siregar, E. (2017). Hakikat Manusia (Tela’ah Istilah Manusia, Al-Qur’an, Al-Basyar, Al-Insan, Bani-Adam dan Al-Nas serta Filsafat Pendidikan Islam). Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 20, 44–61.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Al-Fabeta.
Suryana, Y., & Priatna, T. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Tsabita.
Syafe'i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151-166.
Published
2022-08-29
How to Cite
ABIDIN, Jenal; SALEH, Indra Taupik. Maksud dan Tujuan Penciptaan Makhluk (Kholiqul Basyar) sebagai Landasan Religius Tujuan Pendidikan Islam. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 162-182, aug. 2022. ISSN 2746-6760. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/permata/article/view/793>. Date accessed: 06 jan. 2025.