Implementasi Pembelajaran Tajwid Menggunakan Kitab Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Brebes

  • Anisah Anisah IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Agus Dian Alirahman IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Tajwid learning is a branch of science whose learning law is fardhu kifayah and the law of reading the Qur'an by the rules of tajwid science is fardhu ‘ain.
This study aims to find out about the concept of Tajweed learning using kitab al- Muqoddimah Al-Jazariyyah, implementation of Tajweed learning using kitab al- Muqoddimah Al-Jazariyyah in improving the quality of reading the Qur'an Class X at Imam Shafi'i Putri Brebes boarding school, as well as constraints in learning Tajweed using kitab Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah in improving the quality of reading the Qur'an Class X students at Imam Shafi'i Putri Brebes boarding school.
This research method is a qualitative research method that is based on the philosophy of postpositivism, and is used to examine the natural object conditions. Where the researcher is a key instrument, and data collection techniques are triangulated (combined), the data is inductive and the results of the study more emphasis on generalization.
The results of this study indicate, that: first, the concept of learning Tajweed using the book Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah through classroom learning delivered by the teacher Tajweed material held once a week through the explanation of each stanza memorized and peeled thoroughly. Secondly, the implementation of the quality of reading the Qur'an is when the learning of the Qur'an is carried out every day. Third, the obstacle in the learning process is the language of instruction using Arabic and the spirit of santriwati that must always be grown.
Keyword: Implementation; Al-Jazariyyah; Recitation Of The Qur'an.


Abstrak


Pembelajaran tajwid merupakan cabang ilmu yang hukum mempelajarinya adalah fardhu kifayah dan hukum membaca Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid tersebut adalah fardhu ‘ain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep pembelajaran tajwid menggunakan kitab Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah, implementasi pembelajaran tajwid menggunakan kitab Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an Kelas X di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Putri Brebes, serta kendala dalam pembelajaran tajwid menggunakan kitab Al-Muqoddimah Al- Jazariyyah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa Kelas X di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Putri Brebes.
Metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, dan digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Dimana peneliti adalah instrument kunci, dan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulangi (gabungan), data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih menekankan pada generalisasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa: Pertama, konsep pembelajaran tajwid menggunakan kitab Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah melalui pembelajaran di kelas yang disampaikan oleh guru pengampu materi tajwid yang diadakan setiap satu pekan sekali melalui penjelasan tiap-tiap bait yang dihafalkan serta di kupas secara tuntas. Kedua, implementasi terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an adalah ketika pembelajaran Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap hari. Ketiga, kendala dalam proses pembelajaran adalah bahasa pengantar menggunkana bahasa Arab dan semangat santriwati yang harus selalu ditumbuhkan.
Kata Kunci: Implementasi; Al-Jazariyyah; Bacaan Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, S., & Mabrur, H. (2022). Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Agama Islam. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(1), 77-99.
Abdullah, N. (2020). Pengembangan Model Pembinaan Tahsin Qira’ah Al- Qur’an Berbasis Paikem pada Mahasiswa. Education and Learning Journal, 1(1), 64-73.
Agustina, W. D. (2020). Implementasi Metode An-Nahdliyah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Sabilillah Karangrejo Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
Al-Fadhli, A. E. L. (2016). Terjemah Tafsiriyyah Muqaddimah Jazariyyah.
Tajwid Online.
Baharuddin, B. (2012). Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Imam ‘Ashim Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Effendy, M. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Febriyansyah, F., Maya, R., & Maulida, A. (2018). Implementasi
Pembelajaran Ilmu Tajwid Menggunakan Kitab Matan Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah: Studi pada Santri Mukim di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Tahun 2019. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 202-215.
Hamid, F. Z. (2018). Mushaf Al-Qur’an serta Hubungannya dengan Tariq Al- Syatibiyyah dan Al-Jazariyyah. Jurnal Al-Sirat, 1(17), 62-75.
Lajnah. (2021). Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Qur’an Kemenag.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya. Rahayu, S. (2021). Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
Setiawan, W. (2021). 7 Tahapan Menguasai Bacaan Al-Qur’an. Pustaka Mutqinin.
Sudaryono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Alfabeta.
Ulya, N. M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1-25.
Yuliantoro, A. T., Nafisah, S. J., & Khotmi, A. Z. (2020). Pelatihan Metode Ustmani dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Santri Putri SMK Nurul Huda Sukaraja. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 84-95.
Published
2022-08-29
How to Cite
ANISAH, Anisah; ALIRAHMAN, Agus Dian. Implementasi Pembelajaran Tajwid Menggunakan Kitab Al-Muqoddimah Al-Jazariyyah dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Brebes. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 194-204, aug. 2022. ISSN 2746-6760. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/permata/article/view/797>. Date accessed: 06 jan. 2025.