Majelis Ta’lim: Analisis Tentang Keberadaan, Perkembangan dan Tantangan Sebagai Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Majelis ta'lim is one of the non-formal educational institutions that aim to increase faith and piety to Allah Swt and noble character for the congregation, as well as realizing mercy for the universe. In practice, majelis ta'lim is the most flexible place of Islamic teaching or education and is not bound by time.
This study aims to determine how the existence of majelis ta'lim, its development and challenges as an Islamic educational institution.
The type used in this study is Library Research where this library research is carried out with researchers not directly into the field but this research is carried out through research on written works and various kinds of literature available, be it through books, journals, magazines, newspapers, newspapers and so forth.
The results showed that majelis ta'lim as one of the answers to the needs of citizens to the aspects of strengthening the science of religion and enlightenment of the soul emitted through the teaching of Islamic values. The flexibility of organizational management aspects owned by majelis ta'lim as a non-formal educational institution makes the presence of majelis ta'lim feel grounded in almost all elements of society. Majelis ta'lim became a unifying forum for society where all circles merged without the barriers of social classes that separated their togetherness.
Keyword: Majelis Ta'lim; Development; Challenge.
Abstrak
Majelis ta’lim adalah salah satu lembaga pendidikan non-formal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt dan akhlak mulia bagi jamaahnya, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta. Dalam prakteknya, majelis ta’lim merupakan tempat pangajaran atau pendidikan agama Islam yang paling fleksibel dan tidak terikat oleh waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberadaan majelis ta’lim, perkembangan dan tantangannya sebagai lembaga pendidikan Islam.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) dimana penelitian pustaka ini dilakukan dengan peneliti tidak terjun langsung ke lapangan tetapi penelitian ini dilakukan melalui penelurusan terhadap karya-karya tulis dan berbagai macam literature yang tersedia, baik itu melalui buku, jurnal, majalah, koran, surat kabar dan lain sebagainya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa majelis ta’lim sebagai salah satu jawaban bagi kebutuhan warga masyarakat terhadap aspek pemantapan ilmu agama dan pencerahan jiwa yang dipancarkan melalui pengajaran nilai-nilai ajaran Islam. Kelenturan aspek manajemen keorganisasian yang dimiliki oleh majelis ta’lim sebagai lembaga pendidikan non-formal membuat kehadiran majelis ta’lim terasa membumi dalam hampir semua elemen-elemen masyarakat. Majelis ta’lim menjadi wadah pemersatu masyarakat di mana semua kalangan melebur tanpa sekat-sekat kelas sosial yang memisahkan kebersamaan mereka.
Kata Kunci: Majelis Ta’lim; Perkembangan; Tantangan.
Downloads
References
Arifin, H. M. (1995a). Kapita Selekta Pendidikan. Bumi Aksara.
Arifin, H. M. (1995b). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Bumi Aksara.
Bariah, O., & Nur, T. (2011). Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Ibadah Bagi Masyarakat di Desa Telukjambe Karawang. Majalah Ilmiah: SOLUSI, 10(21), 1-10.
Dahlan, Z. (2019). Peran dan Kedudukan Majelis Taklim di Indonesia. Jurnal Al-Fatih, 2(2), 252-278.
Effendy, M. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Hasbullah. (2001). Sejarah Pendidikan Islam Indonesia. Rajawali Press.
Helmawati. (2013). Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim: Peran Aktif Majelis Ta’lim Meningkatkan Mutu Pendidikan. Rineka Cipta.
Huda, N. (1984). Pedoman Majelis Taklim: Proyek Penerangan Bimbingan dan Dakwah Agama Islam Pusat. Rajawali Press.
Jadidah, A. (2016). Paradigma Pendidikan Alternatif: Majelis Taklim Sebagai Wadah Pendidikan Masyarakat. Jurnal Pusaka, 4(1), 27-42.
Langgulung, H. (2003). Asas-asas pendidikan Islam. Pustaka Al-Husna.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya.
Muhsin. (2009). Manajemen Majelis Ta’lim: Petunjuk Praktis Pengelolaan dan Pembentukannya. Pustaka Intermasa.
Rukiati, E. K., & Hikmawati, R. F. (2006). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Pustaka Setia.
Sarbini, A. (2010). Internalisasi Nilai KeIslaman melalui Majelis Taklim. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(16), 53-70.
Setiawati, N. (2012). Majelis Taklim dan Tantangan Pengembangan Dakwah. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 81-95.
Sudaryono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.