Pembelajaran Remedial Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes MI Al-Ma'arif Merauke Class V on the subject of jurisprudence, Hajj and umrah material, by way of remedial learning for students who have not achieved minimal completeness in the learning process.
Given the importance of fiqh material which is the basis in applying the values of worship in Islam, students are expected to be able to master and understand the Fiqh materials that can later be applied in everyday life.
This study uses exploratory Case Study Method Research and research approach using qualitative methods used to obtain accurate information about the learning process and learning outcomes itself.
The results of this study explain that remedial learning processes are carried out properly and correctly according to predetermined procedures, it can overcome learning difficulties for students so as to improve the learning outcomes of students in achieving minimum completeness criteria (KKM), with the results showed that an increase in student learning outcomes before remedial and after remedial learning process is held from the initial average value of 69.63 increased to the average value after remedial learning of 83.75, means a very significant increase of approximately 14.1%.
Keyword: Remedial Learning; Learning Outcomes; Jurisprudence Lessons.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa MI Al-Ma’arif Merauke kelas V pada mata pelajaran fikih, materi haji dan umrah, dengan cara pembelajaran remedial bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dalam proses pembelajaran.
Mengingat sangat pentingnya materi fikih yang merupakan dasar dalam menerapkan nilai-nilai ibadah dalam Islam, maka siswa diharapkan mampu menguasai dan memahami materi-materi fikih yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan penelitian metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai proses pembelajaran dan hasil pembelajaran itu sendiri.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses-proses pembelajaran remedial yang dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai prosedur yang telah ditentukan, maka dapat mengatasi kesulitan belajar bagi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa-siswi dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum remedial dan setelah diadakan proses pembelajaran remedian yaitu dari nilai rata-rata awal 69,63 meningkat menjadi nilai rata-rata setelah dilaksanakan pembelajaran remedial sebesar 83,75, berarti mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu kurang lebih 14,1 %.
Kata Kunci: Pembelajaran Remedial; Hasil Belajar; Pelajaran Fikih.
Downloads
References
Abas, S., Lestari, E. W., Muti’aturrobbani, F., Yusuf, M., Khilmi, M., Maulani, R., & Hardiastuti, S. (2022). Improving Understanding of Islamic Cultural History Learning Through the Development of Video Blogging-Based Learning Media (Vlog). Action Research Journal Indonesia (ARJI), 4(1), 28-41.
Alirahman, A. D. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam pada Pendidikan Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-10.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Creswell, J. W. (2018). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Karyanto, U. B. (2011). Strategi Pembelajaran Remedial dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Edukasia Islamika, 9(1), 69-80.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Latuheru, J. D. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. P2LPTK.
Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1), 110-123.
Makmun, A. S. (2012). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Remaja Rosdakarya.
Mukhtar & Rusmini. (2005). Pengajaran Remedial: Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran. PT Nimas Multima.
Mulyono, A. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Rineka Cipta.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press Group.
Mutmainah, M., Irnidayanti, Y., & Puspitaningrum, R. (2015). Penerapan Program Remedial dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas. Parameter, 27(2), 187-192.
Rozi, F., & Alawiyah, U. H. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Santri pada Pembelajaran Fiqih Thaharah melalui Media Audio Visual. MANAZHIM, 3(1), 127-135.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruz Media.
Wardani & Kasron. (2009). Penerapan Model Pembelajaan Langsung dengan Remedial Melalui Tutor Sebaya untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa. Universitas Negeri Surabaya.
Yustuti, E. (2022). Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Pembelajaran Kesulitan Belajar. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 349-360.