Bentuk Implementasi Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang terkait merosotnya perilaku siswa SD Negeri Prawoto 02 di era New Normal. Seperti kurangnya bertanggung jawab dalam pegerjaan tugas sekolah, bertengkar dengan temannya, datang terlambat ke sekolah, berkata kotor, kurangnya sopan santun siswa terhadap guru dan orang tua. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan dan menganalisis bentuk implementasi kolaborasi sekolah dan orang tua terhadap penanaman karakter profil pelajar Pancasila. Metode penelitian kualitatif naratif dilakukan dengan menggali data dari hasil wawancara kepala sekolah, guru kelas V dan orang tua siswa yang berjumalah 5 orang, mengamati aktivitas selama 5 kali pertemuan. Kemudian data yang diperoleh dianilisis menggunakan analisis sumber dan analisis dari berbagai referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi sekolah dan orang tua seperti memberikan pembiasaan dan keteladanan baik di sekolah maupun di rumah, melakukan komunikasi dua arah, pertemuan wali murid, home visit, dan kunjungan orang tua ke sekolah. Oleh karena itu, dengan adanya bentuk kolaborasi dapat memberikan berdampak positif bagi siswa terutama pada perubahan sikap siswa sebagaimana karakter profil pelajar Pancasila yang meliuti karakter beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebinekaan global, gotong royong, dan mandiri. Selain itu bagi guru berdampak positif melalui kegiatan yang dijalankan di sekolah, guru mampu mengawasi tingkah laku siswa dan perkembangan siswa di sekolah. Bagi orang tua mampu mendorong dan mendukung progam kegiatan yang dijalankan di sekolah yang selanjutnya diaplikasikan di lingkungan rumah. Hal itu, kegiatan yang dijalankan baik di sekolah dan rumah akan seimbang.
Downloads
References
Amma, T., As, E., & Syaikhoni, Y. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Islam, 3(9), 101–123. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/99
Aryani, Y. (2022). Peran Guru PAI dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 21 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(7), 233–240. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Aziz, A., & Hasanah, U. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.19
Elpa, R., & Dafit, F. (2022). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 190 Pekanbaru. Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(01), 95–110. https://doi.org/10.5281/zenodo.6672934
Esmael, A., & Nafiah. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidkan Dasar, 2(1), 16–34. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262
Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.47400/jiees.v3i2.47
Jamaludin, Alanur S, S. N., Amus, S., & Hasdin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553
Kusdi, S. S. (2018). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. AL USWAH?: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 100–111. https://doi.org/10.24014/au.v1i2
Lestari, S. A., Charles, Aprison, W., & Wati, S. (2022). Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik di SD 05 Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Jurnal Multidisplin Ilmu, 1(3), 490–499. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.190
Sukarnoto, T., Janwari, Y., Solehudin, E., & Mulyawan, S. (2023). Women's Empowerment as a Moderator Variable in the Role of Sharia Microfinance Inclusion in Strengthening the Family Economy. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 5(6), 14-26.
Listari, M., Imam Tabroni, & Nurjanah, E. (2022). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPTD SDN 1 Campakasari. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 200–212. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2944
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Ketedanan Dan Pembiasaan (Vol. 15, Issue 1).
Novela, R. (2019). Pelaksanaan Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak Alam Minangkabau Padang. SELING: Jurnal Progam Studi PGRA, 5, 183–189. https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.443
Nurhaji Aprilianto, O., Solaeman, R., Dewi Utami, A., Rizkiyanti, A., Najah, K., Ainul Karimah, D., Lutfil Hidayah, S., Anggraeni, L., Isa Abdillah, Y. M., & Aziz, N. (2022). Peran Penting Pendidikan Formal dan Non Formal dalam Membentuk Kakarkter Anak di Desa SIitiharjo Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 1103–1110. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1538
Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi Pada Siswa di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294
Putra, A. F., & Fathoni, A. (2022). Penerapan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6307–6312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3236
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–19. https://doi.org/: 10.24235/awlady.v5i1.3725
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasa Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 63–79. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.24931
Setiawan, D., Purbasari, I., Fajrie, N., & Kudus, U. M. (2020). Pendidikan Kolaboratif Berbasis Ekologi Lingkungan (Studi Sumber Mata Air Wonosoco) Info Artikel Abstract Sejarah Artikel. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 125. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.9667
Solihati, E., Samsudin, A., & ... (2021). Penerapan Pembiasaan Dan Keteladanan Dalam Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Sopan Santun Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik …, 4(1), 95–100. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 23–29. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd
Syafri, U. A., Bawazier, F. A., Tamam, A. M., & Mujahidin, E. (2022). Inovasi program penguatan pendidikan karakter religius berbasis profil pelajar Pancasila di SMP Al-Kahfi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 574. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.8410
Wijayanti, T., Suwito, S., Masrukhi, M., Rachaman, M., & Andi, M. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di MAN 1 Jepara. Prosiding Seminas Nasional Pascasarjana, 5(1), 1109–1114. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1621
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.