Media Engklek Gunung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Payaman

  • Mia Novita Annur Universitas Muria Kudus
  • Sumarwiyah Sumarwiyah Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus

Abstract

The purpose of this research is to improve the students learning outcomes by the applying EKU media in  fifth grade students of the SDN 1 Payaman Kudus in a academy year 2019/2020. The approachment of this research is classroom action research wich consist of two cycles. Each cycle consists of two confluence and four phase, they are: planning, action implementation, observation, and reflection. the subject and data resources were teacher and students which consists of 29 students. The data collection techniques used interview, observation, documentation  and test. The validaty  data techniques used Expert Judgement. The resech data analysis used quantitative and qualitative. The result of this research show that the student learning outcomes improved in each cycle. Percentage of classical students learning outcome the percentage of classical completeness in outcomes learning social knowledge scincence in the first cycle 44,82% with an average 64,82 and in cycle 82,76% with an average 82,58. In Indoneisan in the first cycle 58,62% with an average 70,51 and the second cycle 75,87% with an average 83,63. While in the outcomes of student learning in the aspect of skills in the first gained 55,34% and increased in the second with 78,20%.  Based on the research result, it can be concluded that the application of EKU media can to improve students learning outcomes  in  fifth grade students of the SDN 1 Payaman Kudus in a academy year 2019/2020.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media Engklek Gunung (EKU) pada siswa kelas V SDN 1 Payaman Kudus tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dan sumber data adalah guru dan siswa yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validasi data yang digunakan adalah Expert Judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa aspek pengetahuan IPS pada siklus I 44,82% dengan nilai rata-rata 64,82 dan pada siklus II 82,76% dengan rata-rata 82,58. Pada Bahasa Indonesia pada siklus I 58,62% dengan rata-rata 70,51 dan pada siklus II 75,87% dengan rata-rata 83,63. Sedangkan pada hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I memperoleh 55,34% dan mengalami peningkatan pada siklus II 78,20%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model EKU dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 1 Payaman tahun ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282.
Apriani, D. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1).
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226.
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Daryanto, M. R. (2012). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dekdikbud. 1984. Permainan Rakyat Daerah Bengkulu. Jakarta.
Hanafi, A. (2020). Kecenderungan Anak Bermain Gawai Hubungannya Dengan Motivasi Dan Prestasi Belajar. EduBase, 1(1), 30–40.
Khoerunisa, T. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase, 1(1), 84–92.
Lestari, Ayu. 2013. Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri Beserta Penyebabnya. Universitas Pattimura. Vol.3, No. 1.
Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Kencana.
Murtono. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: Wade Group.
Nugroho, Febrian. 2017. Pemahaman Siwa Kelas IV dan V Terhadap Pembelajaran Permainan Tradisional Sekolah Dasar Negeri Sutran Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurdiani, Y. (2013). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 85–93.
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.
Ridwan, S. D. (2017). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR IPS MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. JIPSINDO, 4(1).
SRI NUGRAHA, H. (2016). Kelayakan Media Permainan Engklek sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 4(03).
Subini, N. (2011). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Yogyakarta: Javalitera.
Sudjana, N. (2009). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Supriyono, S. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Surya, H. (2007). Percaya diri itu penting. Elex Media Komputindo.
Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Published
2020-08-31
How to Cite
ANNUR, Mia Novita; SUMARWIYAH, Sumarwiyah; PURBASARI, Imaniar. Media Engklek Gunung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Payaman. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 102-113, aug. 2020. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/134>. Date accessed: 29 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.134.