Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatan Hasil Belajar IPA Murid Sekolah Dasar
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu guru sering kali menyampaikan materi pelajaran IPA hanya menggunakan metode ceramah, sehingga murid merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar IPA. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar murid menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe example non example murid kelas IV SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone sebanyak 14 murid yang terdiri atas 7 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example, hasil belajar IPA murid kelas IV SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar murid 61 dengan 6 murid atau dengan presentase 40%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 90 dengan 14 murid atau dengan presentase 100%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada murid kelas IV SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe example non example.
Downloads
References
Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Fatmawati, Ida. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Konsep Pencemaran Lingkungan Bernuansa Nilai Pada Murid Kelas IVII SMP Negeri 121 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Hari Kurniadi. 2019. Pembelajaran Model Example Non Example dibantu dengan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. JPII, 3, 2, 124-127. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/3110
Nurcahyani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Murid Kelas IVI SD Artarita Malang. Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sabri, Ahmad. 2018. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: PT Ciputat Press.
Sahabuddin. 2017. Mengajardan Belajar: Dua Aspek Dari Suatu Proses yang disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Sanjaya. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Santoso. 2018. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sardiman. 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Silberman, Melvin L. 2019. Active Learning: 101 Cara Belajar Murid Aktif (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). rev.ed. Bandung: Nusamedia.
Slameto. 2017. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, N.S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Sulistyorini. 2017. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Yogyakarta : Tiara Karya.
Syaiful, Djamarah. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sukarnoto, T., Janwari, Y., Solehudin, E., & Mulyawan, S. (2023). Women's Empowerment as a Moderator Variable in the Role of Sharia Microfinance Inclusion in Strengthening the Family Economy. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 5(6), 14-26.
Zainal Aqib. 2017. Model-Model dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Zaini Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2018. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.