Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Murid Sekolah Dasar

  • Rosdiana Rosdiana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasrah Nasrah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • A. Muafiah Nur Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu guru sering kali menyampaikan materi pelajaran IPA dengan metode ceramah, sehingga murid merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar IPA. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar murid menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri murid kelas V SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone sebanyak 13 murid yang terdiri atas 6 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri, hasil belajar IPA murid kelas V SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar murid 60 dengan 5 murid atau dengan presentase 38%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 93 dengan 13 murid atau dengan presentase 100%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada murid kelas V SD Inpres 12/79 Hulo Kabupaten Bone dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran inkuiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi aksara: Jakarta
Kisnawaty. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Murid Kelas V SD Inpres Tinggi Mae Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. Unismuh Makassar.
Mamonto, Abdul Haris Odja, Tirtawaty Abdjul. (2022). The Effect of E-Learning Application through the Use of Whatsapp-Assisted Edmodo on the Students’ Learning Outcomes in the Concept of Sound Waves. Jurnal Pendidikan Fisika https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf DOI: 10.26608/jpf.v9i1.4360, Vol 1 No 9 Hal 56-62.
Nasrah, A. Muafiah. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03 (2), Oktober 2020 (207-213). https://index.pkp.sfu.ca/index.php/record/view/2248869
Nasrah. Jasruddin, Muh. Tawil . (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. (https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/709, Vol 5 No 2)
Puswitasari. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Murid Kelas III SD Bandar Pacitan. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Volume 2 No 1, 89-93.
Rahmawati. (2017). Efektifitas Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Jakarta Selatan. Jurnal PGSD Vol 2 No 3, hal 80-89.
Riyanto, Yatim. (2018). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Jakarta:Media Group
Sanjaya, Wina. (2019). Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sardiman. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, Nana. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. (2019). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tutut Rahmawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah pendidikan dan Pembelajaran. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/13765.
Sukarnoto, T., Janwari, Y., Solehudin, E., & Mulyawan, S. (2023). Women's Empowerment as a Moderator Variable in the Role of Sharia Microfinance Inclusion in Strengthening the Family Economy. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 5(6), 14-26.
Wena, Made. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontomporer. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Published
2023-08-14
How to Cite
ROSDIANA, Rosdiana; NASRAH, Nasrah; NUR, A. Muafiah. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Murid Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 153-162, aug. 2023. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/1189>. Date accessed: 29 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.1189.