Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak pada Pembelajaran Daring di SD Negeri 1 Kaliwulu Kabupaten Cirebon

  • Amirudin Amirudin Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Jamila Jamila Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan orang tua terhadap proses belajar anak dalam pembelajaran daring di SD Negeri 1 Kaliwulu tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 5 orang tua siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kaliwulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data reduksi data, display data dan verifikasi data. Untuk mengetahui pendampingan orang tua terhadap proses belajar anak dalam pembelajaran daring diambil dari observasi dan wawancara dan peneliti berperan sebagai pewawancara untuk menggali data melalui 5 orang tua siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan orang tua terhadap proses belajar anak dalam pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri 1 Kaliwulu yaitu bentuk pendampingan orang tua sangat diperlukan dengan cara meluangkan waktu untuk menemani anak belajar, memantau perkembangan belajar, dan memberikan arahan kepada anak untuk belajar dengan rajin. Kendala dalam pendampingan belajar anak yaitu orang tua mengalami kesulitan dalam membagi waktu antara anak dan pekerjaan, serta latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak, sedangkan kendala pada anak yaitu anak kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru dan anak kurang antusias untuk memulai belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert Efendi Pohan. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Sarnu Untung.
Hidayanto, D. N. (2020). Pengantar Ilmu Pendidikan Teoretis Sistematis Guru dan Calon Guru. PT Rajagrafindo Persada.
ketut sudarsana et al. (2020). Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Kurnia, N. (2019). Literasi digital keluarga teori dan praktik pendampingan orangtua terhadap anak dalam berinteraksi. 7.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.
munir. (2009). Pembelajara Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Kmunikasi. Alfabeta.
Sahira Kartika & Habibi. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Tingkat SD/MI. Media Mahani.
Urip Triyono. (2019). Kepemimpinan Transformasi Dalam Pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal. CV Budi Utama.
Wahyudiyono, W. (2019). Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 63. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487
Published
2023-02-28
How to Cite
AMIRUDIN, Amirudin; JAMILA, Jamila. Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak pada Pembelajaran Daring di SD Negeri 1 Kaliwulu Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 41-49, feb. 2023. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/806>. Date accessed: 29 dec. 2024.

Most read articles by the same author(s)