Efektivitas Penggunaan Media Papan Bergambar Dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis Peserta Didik Kelas III SDN Galunggung Kota Cirebon
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya ketertarikan siswa terhadap ketrampilan menulis cerita. Daya tarik siswa terhadap pembelajaran merupakan kunci keberhasilan siswa dalam meningkatkan ketrampilan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media papan bergambar dalam meningkatkan ketrampilan menulis siswa kelas III SDN Galunggung kota Cirebon, untuk mengetahui bagaimana media papan bergambar dapat menjadi daya tarik siswa terhadap sebuah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Dalam ketrampilan menulis cerita, media bergambar sangat membantu peserta didik untuk mengembangkan imajinasi mereka, mengembangkan berpikir kritis. Guru membagikan papan bergambar dan memberikan pendampingan bagaimana memulai menulis cerita sesuai gambar yang sudah didapatkan.2).Selama kegiatan berlangsung, guru berperan penting dalam memberikan arahan dan bimbingan, memotivasi peserta didik dalam menemukan dan menuliskan ide cerita untuk media papan bergambar.3). Masalah yang dihadapi peserta didik dalam kegiatan ketrampilan menulis, yang kaitannya dengan menulis cerita yaitu, mengembangkan ide, mengembangkan ide disini maksudnya, peserta didik masih terfokus pada gambar saja, hanya membuat atau menulis cerita yang terfokus pada bagian – bagian yang terdapat pada gambar. Peserta didik memerlukan bimbingan dan arahan dari guru untuk mengembangkan ide atau gagasan yang masih bisa mereka tuliskan sebagai bagian dari cerita tersebut.
Downloads
References
Amir, Almira. 2016. “Jurnal Eksakta Volume 1, 2016 1.†Eksakta 2(1): 34–40.
Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran.
Luthfiyah, F. 2015. Bandung: Rosda Karya Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.
Mulyati, yeti. “Hak i k at Ke t e r Am p i l an Ber b Ah Asa.†: 1–34.
Nurma Pertiwi, Intan, dan Anggun Dwi, and Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2019. “Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis.†Mimbar PGSD Undiksha 7: 261–70.
Pendidikan, Jurnal Pemikiran, Nanang Khoirul Umam, and Afrida Rahmanda Firdausa. 2022. “Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar.†28(2): 42–48.
Pujiono, Setyawan. 2019. “Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul 5 Keterampilan Berbahasa Produktif.†Kemdikbud: 1–199. http://dindikptk.net/pppk/MODUL BELAJAR MANDIRI_PGSD-B.INDONESIA_2021.pdf.
Sadulloh, Uyoh. 2010. PEDAGOGIK (Ilmu Mendidik ). ALFABETA, cv BANDUNG.
“Strategi Pembelajaran.†2021. pintek.